6 Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Awet

Saranin- Di zaman modern seperti sekarang ini, kebanyakan orang sepertinya memiliki laptop, dan membuat laptop membuat hidup lebih mudah. Saat Anda kesepian, laptop Anda bisa menjadi teman Anda yang paling setia.

Jika Anda tergolong orang yang sangat bergantung pada laptop, Anda juga harus berhati-hati dalam merawat laptop. Hal ini untuk menjaga kinerja baterai dengan baik. Jika Anda harus membayar untuk memperbaiki laptop Anda, bersimpatilah dengan dompet Anda. Tak perlu dikatakan bahwa biaya yang dibutuhkan lebih besar dari jumlah dompet.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga masa pakai baterai laptop Anda:

1. Laptop juga perlu istirahat

Siapa bilang hanya manusia yang butuh istirahat? Laptop juga butuh waktu untuk istirahat. Jangan biarkan laptop Anda menyala sepanjang waktu. Jika perlu, Anda perlu melepas baterai laptop dan menggunakan listrik untuk menyalakan laptop.

Ingat! Jangan pernah melepas baterai saat laptop dihidupkan. Jika Anda melepas baterai dari laptop Anda, Anda mungkin merasa tidak nyaman saat lampu mati karena pekerjaan Anda tidak dapat disimpan secara otomatis. Demi keamanan Anda, pastikan baterai laptop Anda tidak selalu terisi daya. Saat baterai sudah penuh, cabut charger dan isi ulang saat baterai laptop sudah mati.

2. Kurangi tingkat kecerahan layar laptop

Baterai laptop sangat bagus untuk display dan display. Cara termudah dan termudah untuk menghemat penggunaan baterai laptop Anda adalah dengan mengurangi tingkat kecerahan layar. Ingatlah untuk mengatur layar agar mati secara otomatis jika Anda tidak menggunakannya selama beberapa saat saat laptop Anda hidup.

3. Gunakan alkohol untuk membersihkan logam baterai laptop Anda

Saat laptop mati, keluarkan baterai laptop dan gunakan alkohol. Bersihkan logam pada baterai laptop Anda. Lap perlahan hingga bersih. Lakukan ini setidaknya setiap dua bulan sekali. Ini untuk memastikan transfer baterai laptop dan laptop yang efisien. Sebelum mengembalikan baterai laptop ke laptop, biarkan baterai laptop di ruangan terbuka beberapa saat hingga kering.

4. Jika digunakan saat dihidupkan, sisakan setidaknya 5% dari baterai laptop

Tidak jarang beberapa orang benar-benar membiarkan baterai laptop mereka di 0%. Bahkan, mereka melakukan ini tanpa sadar. Alhasil, saat saya sedang bekerja, laptop saya tiba-tiba mati karena kekurangan daya. Jika ini sering terjadi, baterai laptop Anda akan lemah. Namun, jika itu terjadi sekali atau dua kali, tidak apa-apa. Membawa charger laptop lebih nyaman saat bepergian. Jika Anda tidak membawanya, sisakan setidaknya 5% daya baterai laptop Anda.

5. Jangan memanaskan mesin laptop

Setelah lama digunakan, mesin laptop biasanya akan menjadi panas. Jika ini sering terjadi, kinerja baterai laptop akan menurun. Saat menggunakan laptop, ingatlah untuk memastikan sirkulasi kipas tidak terhalang oleh apa pun.

Sebaiknya jangan meletakkan laptop Anda di atas bantal atau sofa. Anda dapat membeli kipas laptop yang lebih murah untuk mendinginkan mesin laptop Anda. Jika Anda menggunakan kipas laptop, pastikan untuk membersihkan kipas laptop.

6. Perangkat dan port yang tidak digunakan harus dinonaktifkan

Baterai laptop dapat digunakan untuk berbagai aktivitas yang berlangsung di laptop. Tentunya setiap komponen di laptop Anda membutuhkan daya, sehingga semuanya berjalan dengan lancar.

Namun, beberapa komponen mungkin tidak digunakan. Meski tidak digunakan, baterai sepertinya memberi daya pada komponen ini. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin menggunakan komponen tersebut, ada baiknya untuk menonaktifkannya. Misalnya bluetooth dan wifi.