Cara Gampang Atasi Baterai Laptop Tidak Bisa di Ces

Saranin- Karena kelalaian kami yang mungkin tidak tahan lama daya baterai, beberapa kemungkinan menyebabkan hal ini.

Penyebab pertama adalah menggunakan laptop tanpa mengisi daya hingga mati. Mungkin sepele, tapi jika dilakukan terus menerus, kebiasaan ini bisa menjadi mimpi buruk.

Alasan kedua adalah kita sering terlambat buang air kecil. Anda perlu mengisi daya baterai saat daya masih 10% lebih tinggi. Tetapi saat mengisi daya dengan baterai yang sangat rendah seperti 1% hingga 9%. Jangan heran jika baterai mulai terkuras.

Selain kerusakan baterai, hal ini juga dapat disebabkan oleh pengaruh eksternal seperti stopkontak, kegagalan daya, kesalahan sementara, dan kegagalan casing pengisian daya.

Oleh karena itu, sebelum membeli aki baru, cobalah cara-cara yang telah disiapkan Intan untuk memperbaiki aki tersebut. Dengan kemungkinan paling kecil Anda masih harus membeli baterai baru, tetapi mungkin berfungsi.

Intan juga memiliki laptop kecil yang disebut juga notebook. Saya suka laptop ini karena dia setia kepada Intan selama delapan tahun. Laptop memiliki banyak fitur dan tipe yang bisa dibawa kemana-mana dan praktis.

Namun, utilitas ini bisa hilang jika Anda harus menerima bahwa laptop tidak dapat dipisahkan dari pengisi daya karena harus terhubung sebelum dapat dihidupkan.

1. Nyalakan kembali laptop Anda

Laptop tidak akan mengisi daya. Mungkin ada kesalahan dalam sistem internal. Untuk mengatasinya, matikan laptop Anda lalu hidupkan kembali setelah satu menit.

Untuk tujuan praktis, Anda dapat mempercepatnya hanya dengan menekan tombol restart. Anda mungkin dapat mengembalikan daya baterai normal dengan metode sederhana ini.

2. Pastikan kabel dan steker Cas terhubung dengan benar

Jika Anda tidak memasukkan kabel laptop dengan benar ke dalam lubang, atau jika Anda menggunakan kabel laptop dua kabel seperti Acer, kabel laptop tidak sepenuhnya dikencangkan dengan adaptor dan baterai laptop berfungsi dengan baik. bukan.

3. Periksa kontak berhenti

Adaptor daya laptop mungkin berhenti bekerja selama beberapa waktu untuk melindungi diri dari arus yang tidak mencukupi ke stopkontak. Solusinya tinggal pindahkan charger ke stopkontak lain.

4. Dinginkan baterai

Jika Anda menyalakan laptop terlalu lama, baterai akan memanas dan baterai laptop mungkin tidak berfungsi. Untuk melakukan ini, Anda perlu beristirahat selama beberapa menit hingga baterai mendingin.

Anda dapat melepas baterai untuk mempercepat proses. Sebelum itu, jangan lupa untuk mematikan laptop terlebih dahulu.

5. Nyalakan laptop tanpa baterai

Bahkan, laptop bisa dinyalakan tanpa menggunakan baterai. Yang penting bisa menyambungkan listrik dengan baik melalui charger.

Apakah Anda ingin melakukan ini untuk melihat apakah ada masalah dengan kabel pengisi daya? Pasalnya jika charger menjadi penyebabnya, menyalakan laptop tanpa baterai akan mematikan laptop.

6. Periksa kabel casing

Seperti yang dijelaskan sebelumnya. Jika Anda benar-benar memiliki masalah dengan pengisi daya, pastikan kabelnya mungkin tertekuk, terkelupas, putus, atau terbakar. Anda juga dapat mengandalkan rasa dari bau tak sedap yang biasa ditemukan pada kabel.

Beberapa pengisi daya laptop memiliki kabel terpisah antara bagian pengisi daya yang terhubung ke stopkontak dan bagian pengisi daya yang terhubung ke laptop. Bagian ini biasanya dapat dipisahkan dari adaptor.

Jika pengisi daya berbeda. Sebelum membeli charger, ada baiknya bagian mana yang bermasalah. Ini penting, jadi jangan buang uang Anda nanti.

Saya mampu membeli sepasang charger yang sangat mahal, 300.000, tetapi hanya kabel penghubung adaptor dengan colokan laptop yang rusak (digambarkan di Kotak i). Gak tau namanya apa.. tau kan itu cewek) Bisa beli di toko elektronik dengan harga hanya 12.000.

7. Periksa baterai

Masalahnya mungkin baterai selain pengisi daya laptop. Silakan periksa baterai terlebih dahulu sebelum membeli. Baterai mungkin tidak berfungsi karena debu telah menumpuk dan membuat laptop tidak dapat terhubung dengan lancar ke baterai.

Berapa umur baterai sejauh ini? Jika Anda telah menggunakannya selama bertahun-tahun dan tidak menggantinya, baterai mungkin sudah usang. Ini berarti bahwa masa pakai baterai dapat memendek seiring waktu.

8. Atur ulang pengontrol manajemen sistem

Ini agak rumit, tetapi mungkin tidak sulit, tetapi tergantung pada jenis baterainya, Anda harus melakukan langkah-langkah berikut:

  • Baterai internal yang tidak dapat dilepas
    Matikan laptop Anda. Tekan tombol Shift + CTRL + > Sistem dan Keamanan >> Sistem >> Pengelola Perangkat >> Baterai >> Baterai Metode Kontrol Microsoft ACPI-Compliant >> Klik kanan untuk mencopot pemasangan
  • Baterai yang dapat dilepas Matikan laptop, cabut baterai, cabut charger dan diamkan selama 1 menit. Hidupkan kembali seperti sebelumnya. Ingatlah untuk mengembalikan baterai terlebih dahulu, lalu sambungkan pengisi daya dan hidupkan laptop Anda.

9. Copot dan instal ulang driver

Jika Anda tahu caranya, menguninstall driver sangat mudah.

Pertama, temukan panel kontrol di laptop Anda >> Sistem dan Keamanan >> Sistem >> Pengelola Perangkat >> Baterai >> Baterai Metode Kontrol Microsoft ACPI-Compliant >> Klik kanan untuk mencopot pemasangan

Untuk melihat perubahan Anda, klik tombol Pindai Perubahan Perangkat Keras atau buka tab Tindakan >> Pindai Perubahan Perangkat Keras.

Driver akan diinstal ulang secara otomatis. Anda bisa menunggu sampai proses selesai.

Untuk melihat perubahan Anda, klik tombol Pindai Perubahan Perangkat Keras atau buka tab Tindakan >> Pindai Perubahan Perangkat Keras.

Driver akan diinstal ulang secara otomatis. Anda bisa menunggu sampai proses selesai