Cara Termudah Atasi Laptop Hang Atau Tidak Bergerak

Saranin- Masalah laptop hang saat membuka banyak aplikasi bukan satu-satunya masalah. Namun, masih banyak masalah laptop hang, seperti hang saat laptop dihidupkan, hang saat startup, atau hang saat berselancar di internet. Juga, ada banyak alasan mengapa laptop bisa hang dan tidak bergerak.

Sebelum menjelaskan cara mengatasi laptop hang tidak bergerak, perlu diketahui apa penyebab laptop hang. Ada banyak penyebab laptop hang.

Penyebab laptop hang macet

1. Memori penuh (RAM)

Random access memory atau biasa disebut RAM memegang peranan penting dalam kinerja laptop. Saat RAM penuh tentu kinerja laptop melambat dan hang.

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa aplikasi yang Anda gunakan cocok dengan memori RAM yang Anda gunakan. Semakin besar memori RAM, semakin baik kinerja laptop.

2. Terlalu banyak aplikasi yang diinstal

Jika Anda memiliki terlalu banyak aplikasi yang terinstal di laptop Anda, itu akan bekerja secara otomatis ketika memori RAM penuh, yang akan memperlambat laptop Anda dan menyebabkannya hang.

3. Ekspansi file sementara (sementara)

Ada banyak file temporary yang tersimpan di laptop dari berbagai program aplikasi tanpa sepengetahuan kita. Tentu saja, file-file ini akan memperlambat laptop Anda dan menyebabkannya hang.

4. Masalah hard disk

Seperti halnya RAM, hard disk merupakan komponen penting dari laptop. Jika Anda memiliki masalah dengan hard drive Anda, tidak ada keraguan bahwa Anda memiliki masalah dengan laptop Anda. Perlunya software perawatan harddisk dengan cara menghapus file-file temporary. Jangan biarkan hard disk menyimpan terlalu banyak file. Ini akan mengurangi ruang kosong pada hard disk Anda.

5. Masalah virus atau malware pada laptop

Tentu saja virus dan malware selalu menjadi masalah besar di semua laptop. Oleh karena itu, setidaknya Anda harus menjalankan Windows Safe Mode, mematikan System Restore dan menggunakan aplikasi antivirus untuk mencegah virus dan malware yang dapat merusak software di laptop Anda.

6. Perangkat keras terlalu panas

Baik itu terjadi pada perangkat keras, prosesor, VGA, atau CPU, perangkat keras itu terlalu panas, memanas, memperlambat kinerja laptop, dan hang. Untuk mengatasinya, pastikan sirkulasi udara CPU berfungsi dengan baik, bersihkan debu dari heatsink/kipas, dan periksa status prosesor.

7. Cara mengatasi laptop macet hang

Setelah mengetahui penyebab laptop hang, Anda juga perlu mengetahui apa yang harus dilakukan jika laptop hang dan tidak bisa dipindahkan. Ada beberapa langkah untuk mengatasinya tergantung kondisi saat hang. Itu hang saat baru, hang saat dinyalakan, atau hang macet. Simak ulasannya di bawah ini.

Hang ketika Anda baru saja menyalakan laptop Anda

Ketika saya menyalakan laptop saya dan masuk ke Windows, laptop saya tiba-tiba hang. Berikut langkah-langkah untuk mengatasinya:

  • Ada masalah dengan program Windows. Cukup pindai virus menggunakan antivirus dan pindai registri menggunakan CLaener.
  • Gunakan sikat atau penghapus karet untuk menghilangkan debu dari RAM.
  • Jika Anda tidak dapat menggunakan metode di atas, mungkin ada masalah dengan motherboard Anda. Untuk mengatasinya, Anda perlu bertanya pada ahlinya.

Mengatasi laptop hang saat startup

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah me-restart laptop Anda> masuk ke mode BIOS
  • Setelah masuk ke mode BIOS, pilih Advanced BIOS Features untuk menemukan dan menonaktifkan cache BIOS.
  • Kemudian tekan F10 untuk menyimpan. Terakhir tekan Enter

Mengatasi laptop macet atau hang tidak responsif

  • Buka Task Manager dengan Ctrl + Shift + Esc dan akhiri tugas di aplikasi yang tidak responsif.
  • Atau, Anda dapat menggunakan Ctrl + Alt + Del untuk membuka Pengelola Tugas dan mengakhiri tugas di aplikasi yang tidak responsif.
  • Jika laptop kembali normal dan laptop tidak bergerak sepenuhnya, Anda mungkin perlu mematikan (mematikan) laptop, melepas baterai laptop, lalu menyambungkannya kembali.
  • Kemudian restart laptop Anda dan itu akan kembali normal.