Rekomendasi Tinta Printer yang Tahan Lama

Saranin- Tinta merupakan bahan untuk mencetak dokumen dalam bentuk cair dengan menggunakan printer, namun sebagai pemilik printer atau sebagai printer ada baiknya untuk mengetahui jenis tinta yang digunakan untuk menggunakan printer tersebut. hadiah.

Printer merupakan alat untuk mencetak dokumen yang dimiliki banyak orang, terutama di kantor. Anda perlu mengambil tindakan agar printer tidak segera rusak. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan tinta yang tepat. Dengan tinta yang tepat, printer tidak hanya bertahan lebih lama, tetapi juga memaksimalkan kinerja printer dengan memaksimalkan hasil cetak.

Dye Base

Tinta berbasis pewarna terutama tinta berbasis air yang dicampur dengan pewarna. Tinta jenis ini dapat menyebabkan printhead mengendap dan tersumbat karena printer akan bertahan lebih lama jika berukuran kecil. Namun, hasil cetaknya tidak tahan lama, membengkak saat terkena air dan memudar saat terkena sinar UV (matahari). Hasil print tidak bertahan lama. Namun hasil cetakannya bagus, hasil cetakan di kertas foto sangat bagus, dan warnanya cerah. Dengan harga tinta dye based lebih murah dibandingkan dye untuk jenis tinta lainnya dan support hampir semua merk printer home desktop.

Pigmen

Tinta pigmen terdiri dari air (H2O), pengencer, pigmen warna, dll, sehingga lebih tajam, lebih pekat, dan memiliki kualitas cetak lebih tahan air daripada tinta berbasis pewarna. Tinta printer jenis pigment ini memiliki kualitas cetak yang tinggi, tahan lama, tajam dan tahan air pada semua jenis kertas, termasuk kertas HVS, kertas inkjet dan kertas foto. Jika Anda kehabisan tinta pigmen dan printer tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu, kepala cetak akan tersumbat pewarna tinta dan menempel pada kepala nozzle dan mengering. Dalam kebanyakan kasus, jenis tinta ini hanya mendukung printer jenis Epson.

Sublim

Jenis tinta sub-illumination (water-based sublimation) ini digunakan untuk mentransfer gambar yang dicetak ke printer standar yang digunakan untuk mencetak bahan sablon seperti media lain, T-shirt, pin, mug, keramik, dll. Sering digunakan oleh sebagian besar pengguna dari printer infus. Karena sifat tinta yang luhur, tinta ini jauh lebih tahan terhadap air dan lebih rentan terhadap degradasi warna.

Art Paper

Jenis tinta art paper ini cocok digunakan pada cetakan kecil dan besar, yang sering kali mencetak pada kertas ivory dalam jumlah sedikit untuk gambar full color. Karena kertas seni jenis ini daya serapnya rendah, penggunaan tinta berbasis dye biasa akan mengakibatkan hasil cetakan membengkak.

Solvent

Jenis tinta pelarut ini terbuat dari bahan yang mendekati DucoPaint dan cocok untuk jenis printer outdoor, sehingga paling tahan air dan UV. Tinta pelarut banyak digunakan untuk pencetakan luar ruangan seperti spanduk, spanduk, papan nama dan kotak neon. Ini karena pencetakan lebih tahan lama terhadap air dan UV, tetapi tinta pelarut memiliki bau yang kuat. Printer yang digunakan umumnya adalah printer banner (mesin digital printing).

Eco Solvent

Tinta pelarut ramah lingkungan sama dengan tinta pelarut, tetapi hanya karakteristik tinta pelarut ramah lingkungan yang sedikit lebih rendah dalam ketahanan UV, tetapi tidak memiliki bau yang menyengat dibandingkan dengan tinta pelarut, sehingga banyak digunakan untuk pencetakan dalam ruangan. Mesin cetak digital juga digunakan untuk jenis printer ini.