Cara Mengatasi Laptop Lemot atau Hang

Saranin- Ketika komputer hang atau macet dan menjadi tidak responsif (tidak ada respons), tidak ada yang berfungsi kecuali kursor atau penunjuk mouse. Namun, meskipun saya dapat menggerakkan kursor mouse, mengklik ikon atau tombol Mulai tidak menghasilkan apa-apa. Program tidak terbuka dan menu mulai tidak ditampilkan. Hanya kursor mouse yang berfungsi.

Tentu saja hal ini akan membuat Anda bertanya-tanya, karena laptop Anda baru saja bekerja dan sebelumnya tidak ada tanda-tanda masalah. Apalagi jika laptop Anda mulai macet secara acak saat Anda sedang sibuk dengan pekerjaan. Lihat informasi lengkap mengapa komputer Anda tiba-tiba macet atau hang dan cara memperbaikinya.

Cara mengatasi laptop Windows hang dan lemot

Beri waktu tenang

Jika Anda menjalankan tugas yang sangat intensif CPU, itu mungkin macet untuk sementara waktu. Namun, jika komputer Anda tampaknya benar-benar terkunci, luangkan waktu sejenak agar komputer Anda berfungsi kembali. Tunggu beberapa menit, pastikan komputer Anda berjalan, lalu keluar. Masalah ini mungkin tidak terlalu serius, dan memberikan waktu laptop Anda untuk beristirahat adalah pilihan terbaik. Juga, pastikan mouse Anda baik-baik saja, karena mouse mungkin baru saja dilepas atau baterai mungkin lemah. Ini dapat membuat komputer Anda tampak mogok.

Keluar dari program yang tidak perlu

Kemudian, jika Windows tidak pulih atau mulai hang lagi setelah pemulihan, pilih opsi umum yang bergantung pada akhir tugas. Caranya adalah dengan menekan Ctrl + Alt + Delete pada keyboard Anda dan pilih opsi Task Manager dari layar yang muncul untuk melihat daftar program yang sedang berjalan.

Namun, jika beberapa tidak merespons, pilih mereka dan klik tombol Akhiri Tugas. Berikanlah waktu istirahat untuk laptopmu atau berikan jeda sebentar supaya program windows tenang dan matikan. Anda dapat memulai ulang program, tetapi jika laptop Anda terus mogok saat menjalankan program yang sama, Anda harus menghapus instalan program dan mencari program lain. Jika program Anda sangat intensif sumber daya dan kekurangan sumber daya, Anda mungkin perlu memperbarui perangkat keras Anda.

Periksa pengelola tugas browser Anda

Komputer Anda mungkin berfungsi dengan baik, tetapi hanya membuat browser Anda crash pada halaman tertentu yang sedang terbuka. Untuk mengatasinya, buka Chrome dan tekan Shift + Esc untuk membuka Pengelola Tugas Chrome. Di sisi lain, jika Anda menggunakan browser Firefox, Anda dapat membuka tombol Menu dan tombol Lainnya> Pengelola Tugas. Dengan cara ini, Anda dapat melihat berbagai proses yang berjalan di browser Anda dan memberikan informasi tentang halaman dan ekstensi yang mungkin terhenti, atau jumlah CPU dan memori yang mereka gunakan.

Nyalakan kembali laptop Anda dan coba lagi

Ctrl + Alt + Delete adalah bantuan umum bahwa komputer Anda benar-benar terkunci jika tidak bekerja. Satu-satunya cara untuk menghidupkan dan menjalankan kembali komputer Anda adalah dengan memaksa reset. Tekan dan tahan tombol daya hingga komputer mati, lalu tekan tombol daya lagi untuk menyalakannya kembali. Namun, jika Anda ingin mengembalikan apa yang Anda lakukan ketika laptop Anda hang sebelumnya, Anda mungkin dapat melakukannya dengan program tertentu.

Ini dapat dilakukan dalam program Microsoft: Excel dan Word. Program-program ini memiliki cadangan cadangan otomatis saat Anda bekerja, yang dapat Anda pulihkan saat Anda membuka kembali program. Pilihan lainnya adalah menggunakan navigasi File>Info>Document Management>Recover Unsaved Documents. Tidak ada jaminan bahwa dokumentasi akan dipulihkan, tetapi dengan opsi pemulihan sederhana ini, tidak apa-apa untuk mencoba program yang macet.