Cara Praktis Mengatasi Android Cepat Panas

Saranin- Ponsel panas memiliki banyak penyebab, seringkali karena kondisi lingkungan dan penggunaan yang berlebihan. Panas dapat dengan cepat merusak ponsel Anda. Menggunakan ponsel secara paksa saat menjadi panas akan berdampak buruk pada unit itu sendiri.

Bahkan jika ponsel Anda panas setelah berjam-jam digunakan, itu normal. Namun, jika ponsel Anda cepat panas meski digunakan dalam waktu singkat, Anda perlu mencari tahu penyebabnya. Berikut sembilan penyebab ponsel cepat dan cara mengatasinya.

Sinyal seluler lemah

Jika sinyal penyedia lemah, ponsel akan sangat sulit menemukan sinyal. Inilah yang menyebabkan ponsel cepat panas. Bahkan saat tidak digunakan, ponsel selalu mencari sinyal, yang menyebabkan perangkat cepat panas dan baterai cepat habis.

Masalah baterai

Saat kinerja baterai menurun, daya baterai cepat bocor. Ini akan cepat menguras baterai. Selain itu, jika baterai bocor, ponsel akan cepat panas.

Bug sistem operasi

Alasan ponsel Anda cepat panas adalah karena bug di OS atau sistem operasi Anda. Karena bug di OS, konsumsi daya dapat melebihi batas normal. Bug ini menyebabkan fitur dan aplikasi bawaan terus berjalan di latar belakang.

Bug aplikasi

Bug dan kesalahan juga dapat terjadi pada aplikasi Anda. Salah satu bug jahat adalah menjaga aplikasi Anda tetap berjalan di latar belakang. Kesalahan karena koneksi yang gagal ke server juga membuat aplikasi tetap berjalan.

Lingkungan panas

Saat terkena sinar matahari langsung, suhu ponsel naik dengan cepat. Suhu ponsel, ditambah dengan suhu tinggi dari luar, sudah tinggi untuk pengoperasian. Suhu ponsel 2 hingga 3 kali lebih tinggi dari biasanya.

Mainkan game untuk waktu yang lama

Game adalah aplikasi yang paling menguras baterai. Game membuat layar, chipset, RAM, dan penyimpanan semakin sulit untuk digunakan. Komponen utama ponsel cepat panas. Bermain game dengan intensitas tinggi sebenarnya tidak baik untuk kesehatan ponsel Anda.

 Streaming selama berjam-jam

Penyebab hp panas selanjutnya adalah nonton film streaming berjam-jam. Menonton film di YouTube, Netflix, atau Viu akan menguras baterai Anda lebih cepat.

Penggunaan pengisi daya palsu

Jika baterai rusak, ponsel bisa cepat panas. Ada berbagai penyebab kerusakan baterai. Salah satunya adalah penggunaan charger palsu. Daya dari pengisi daya palsu tidak memenuhi kebutuhan ponsel. Hal ini dapat merusak baterai dan komponen pengisian daya.

Kecerahan layar terlalu tinggi

Jika Anda mengatur kecerahan layar terlalu tinggi, ponsel akan cepat panas. Jika Anda memaksimalkan kecerahan layar ponsel Anda, baterai akan bekerja lebih keras.