Cara Paling Gampang Mengatasi Android Tidak Bisa di Cas

Saranin- Dalam situasi tertentu, Anda mungkin tidak dapat mengisi daya atau mengisi daya ponsel cerdas Anda. Ini biasanya karena kabel pengisi daya atau kepala pengisi daya yang rusak.

Namun, itu belum tentu menjadi penyebab masalah terkait pengisi daya. Ada beberapa hal yang perlu Anda periksa terlebih dahulu sebelum Anda dapat menentukan bahwa masalahnya ada pada pengisi daya.

  • Pertama, pastikan soket yang mengisi daya baterai dan port USB berfungsi dengan baik. Anda mungkin tidak dapat mengisi daya ponsel cerdas Anda karena keduanya telah rusak selama beberapa waktu.
  • Selanjutnya, periksa adaptor dan kabel pengisi daya. Jika tidak berhasil di smartphone Anda, coba smartphone lain. Juga, pastikan kabel terhubung dengan aman dan tidak longgar.
  • Jika itu tidak berhasil, periksa keandalan adaptor dan kabelnya. Biasanya, adaptor pengisi daya palsu bahkan tidak dapat mengisi daya ponsel cerdas Anda. Misalnya, kabel iPhone memerlukan microchip berlisensi khusus. Oleh karena itu, jika itu palsu atau tidak berlisensi, mungkin karena ketidakmampuan untuk mengisi daya ponsel cerdas Anda.
  • Anda juga perlu meledakkan port pengisian daya atau menggunakan alat seperti tusuk gigi untuk menghilangkan kotoran yang mungkin menyumbat port pengisian daya. Namun, berhati-hatilah agar tidak merusak port pengisian daya.
  • Apabila tidak bisa maka silahkan restart Ponsel Anda
  • Periksa perangkat lunak ponsel cerdas Anda untuk memastikannya diperbarui ke versi terbaru. Namun, jika pembaruan tidak memungkinkan untuk mengisi daya ponsel cerdas Anda, harap hapus versi yang diperbarui.
  • Periksa baterai. Baterai lama mungkin tidak dapat diisi karena dayanya rendah. Download aplikasi Ampere atau AccuBattery dan cek status baterai.
  • Ingatlah bahwa sesuatu terjadi sebelum ponsel cerdas Anda tidak dapat mengisi daya. Misalnya, apakah Anda menabrak atau jatuh ke air? Beberapa smartphone mengklaim tahan air, tetapi air dapat merusak bagian dalam mesin.